Gendang Beleq, musik tradisional Suku Sasak

gendang

Suku Sasak merupakan suku asli Lombok. Sebagaimana suku-suku lainnya di Indonesia yang memiliki tradisi yang unik, demikian juga dengan Suku Sasak ini. Salah satu yang khas dari Suku Sasak adalah Seni Musik Tradisional Gendang Beleq. Sesuai namanya, seni musik ini melibatkan alat musik bernama Gendang, yang cara membunyikannya dengan ditabuh. Nah, kata Beleq sendiri  dalam bahasa Sasak yang artinya Besar. Yah, karena ukuran gendang ini sangat besar dengan diameter kurang lebih 50 cm dan panjang 1,5 meter.

image

Dalam pertunjukan seni musik ini, alat musik yang digunakan tak hanya gendang, tapi berpadu dengan Gong, trompet, terumpang, oncer, dan masih banyak lagi. Biasanya  musik tradisional ini dimaninkan pada acara-acara adat seperti Acara Perang Topat yang saya saksikan saat itu atau acara festival budaya. Beruntung sekali saya bisa menyaksikan pertunjukan seni yang menjadi warisan Budaya Indonesia tak benda ini.

image

image

image

image

image

Seni Musik Gendang Beleq ini dimainkan secara bergrup. Untuk menghasilkan harmonisasi dari berbagai alat musik dengan ciamik, antar pemain alat musik harus dapat bekerjasama dengan baik. Cara yang baik untuk melatih bekerjasama.

Selain gendang yang superbesar yang menarik perhatian saya, kostum yang digunakan juga menarik. Mereka menggunakan kain khas Suku Sasak. Bagus banget…. Ikat kepalanya mirip yang digunakan masyarakat Bali yah.. Namanya Sapo..

image

See u

Nz

6 comments

  1. Huaa. aku melewatkan kesenian ini selama berada di tengah suku Sasak. Baru sempet menyaksikan nyongkolan aja nih. Haha.

    Keren deh bisa dapat momen kaya gini. Semoga besok pas ke sana dapat spesial sambutan kendang beleq. wkwkw. ngarep.

    Salam kenal ya. Yuk kunjung balik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 9 =