Kali ini, kita tengok keanekaragaman hayati di Selabintana, Sukabumi

Jadi begini ceritanya…

Tanggal 7 sampai 9 Februari 2014, adik-adik saya di OWA mengadakan acara Diklat alias Pendidikan dan Latihan bagi calon Anggota Baru di Pondok Halimun, Selabintana. Berhubung saya alumni, jadi saya diundang untuk datang, jadilah saya datang.

Saya dan beberapa kawan lainnya tiba di Pondok Halimun di hari kedua. Maklum sudah sepuh, kami datang siang menjelang sore, masak, makan, mengikuti acara malam, dan tidur. hehe..

Keesokan harinya barulah kemi ke Curug Cibeureum yang berjarak sekitar 2,5 km dari camp. Sepanjang perjalanan, salah satu teman yang begitu tertarik dengan Keanekaragaman Hayati di tempat ini meminta saya mengabadikannya lewat lensa kamera. Jadilah ini yang saya dapat….

image

       Jamur, ga tau jenis apa.. yang jelas ini Basidiomycota.. hehe

image

Jamur Kuping (Auricularia auricula)

image

          Liken… Kalau ga salah ini Folios (Seperti kerak daun) dan Frutikos (Serabut)

image

Begonia sp.

image

       Anggrek Hutan

image

Ini bunga apa ya???

image

 Marasmius sp.

Selain itu, ketika saya baru sampai di kantor kehutanan Pondok Halimun ini, saya melihat 2 ekor Lutung (Trachypithecus auratus) duduk-duduk manis di ranting-ranting pohon. Sayang, baru angkat kamera, Lutungnya sudah berpindah tempat. Beberapa teman sempat mendengar bahkan melihat Owa Jawa (Hylobates moloch). Saya engga, iri. haha. Senang rasanya mendengar hewan-hewan dan tumbuhan ini bisa hidup nyaman di rumahnya.

Mereka bisa apa, kalau kita tak menjaganya, tak melindunginya.

see u on next journey

Nunuz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 5 =