Telaga warna ala Puncak Bogor

Telaga Warna Dieng, Jawa Tengah, tentulah orang tak asing dengan mendengarnya. Sebuah telaga yang menyajikan warna-warna bak pelangi. Tapi tak banyak orang tau bahwa di Jawa Barat pun, ada yang namanya Telaga Warna juga.

Saya mengetahui tempat ini kira-kira Agustus tahun 2008. Salah seorang teman mengajak saya untuk berkunjung ke telaga warna, senang mendengarnya, karena saya pikir saya akan ke Dieng. Tapi usut punya usut ternyata Telaga Warna yang akan saya kunjungi berada di Puncak Pass, Bogor. Agak terbengong-bengong mendengarnya.

Telaga Warna
Awan Berarak di atas Kebun Teh

Hari itu   pertama kali saya berkunjung ke Telaga Warna. Jarak yang tidak terlalu jauh dari Bogor, tempat saya tinggal, dan udara yang sejuk serta pemandangan kebun teh yang terhampar bak karpet hijau memanjakan diri saya. Tempat ini masih sepi pengunjung, tak ada fasilitas rekreasi, padahal Telaga Warna ini merupakan Taman Wisata Alam.

Telaga Warna
Warung jajana di Telaga Warna

 

Wah, cocok pikir saya kalau hendak melakukan observasi disini. Sepi, masih banyak monyet dan burung disini. Kala itu saya beserta teman-teman memang sedang mencari tempat untuk melakukan observasi hewan.

Kira-kira Tiga bulan berlalu dan kami kembali lagi kesana. Suasana sudah berubah, ada flying fox dan perahu sampan disana. Cepat sekali perkembangannya pikir saya. Tapi itu tak jadi masalah dan tidak mengganggu kegiatan observasi kami. Karena hewan-hewan yang kami akan observasi toh masih berkeliaran disana.

Telaga Warna
Flying Fox

Tahun berganti tahun tempat ini terus berkembang dan makin banyak pengunjung. Bulan Juli 2013, terakhir kali saya berkunjung kesana. Ada warung kecil yang berdiri disana, saung-saung kecil untuk beristirahat, mushola yang makin apik, dan susana makin nyaman untuk wisata. Tapi, saya merasa ada yang berubah dengan perilaku Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) disini, mereka lebih agresif terhadap pengunjung yang membawa kantong plastik. Mereka berani merampas plastik-plastik itu dari pengunjung. Karena mereka mengindikasi bahwa plastik yang dibawa berisi makanan.

Telaga Warna
Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis)
Telaga Warna
Ekspresi Marah

 

Telaga Warna
Juvenil (Macaca fascicularis)

 

Telaga Warna
Our Foots

So, buat yang mau berkunjung kesana jangan panik, karena tempatnya asik. Saran saya, jangan bawa plastik, kalau bawa makanan ya ditaruh di tas saja. Jangan dibiasakan memberi makan ke monyetnya juga sih..Happy Holliday

Telaga Warna
Hamparan kebuh Teh di Telaga Warna

Telaga Warna, Puncak Pass, Bogor

*Photo diambil tahun 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 8 =