Ketep Pass, tempat yang tepat untuk menikmati megahnya Merbabu dan Merapi

on-blog-p1040523-copy

Ketep pass adalah objek wisata pegunungan yang terletak di Kota Magelang tepatnya di Kecamatan Sawangan. Terletak pada ketingggian 1200mdpl,  tempat ini akan memanjakan mata kita dengan pemandangan Gunung Merbabu dan Merapi. Ketep pass tak ubahnya Puncak Pass jika di Bogor, Jawa Barat. Bedanya di daerah Ketep ini tak banyak pinginapan seperti layaknya di Puncak Bogor. Bahkan mungkin hampir tidak ada, itu kondisi di bulan Mei 2012 ketika saya berkunjung kesana, entahlah untuk saat ini, karena popularitasnya terus menanjak.

View salama perjalanan ke Ketep Pass
View selama perjalanan ke Ketep Pass
Merbabu-Merapi dari kejauhan
Merbabu-Merapi dari kejauhan
Selamat datang di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi
Selamat datang di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi

Warung-warung kecil yang menjajakan camilan dan jagung bakar pun tak begitu banyak di tempat ini. Kita benar-benar akan dibius olah suasana hening, sunyi, damai, dan pastinya terpukau melihat megahnya Gunung Merbabu dan Pucuk Gunung Merapi sisa letusan. Selain itu disisi bagian lain, Ketep Pass juga menyajikan pemandangan terasering dan gunung-gunung kecil disekitarnya. Duh, indah banget pokoknya.

Lekuk Tubuh Gunung Merbabu
Lekuk Tubuh Gunung Merbabu
View di Ketep Pass
View di Ketep Pass

Melihat pucuk Gunung Merapi dengan warna abu, yang dikelilingi awan membawa saya pada ingatan meletusnya Merapi 2010 silam. Menurut mas Zulfah yang kebetulan menemani saya ke tempat ini, arah letusan justru bukan ke Ketep, melainkan ke arah selatan seperti ke Desa Kinahrejo. Saya sempat juga mengunjungi desa ini, akan saya ceritakan nanti di postingan berikutnya.

Gunung Merapi, I want to climb you
Gunung Merapi, I want to climb you
Pucuk Merapi
Pucuk Merapi

Bagi kalian yang tertarik melihat bagaimana letusan Gunung Merapi yang pernah berkali-kali terjadi atau sejenis film dokumenter mengenai Merapi, Ketep Pass menyediakan sebuah gedung teater bernama Ketep Volcano Theatre. Hanya bermodalkan kurang dari 10 ribu rupiah kamu bisa menyaksikannya. Tapi saya tidak sempat menyaksikannya karena waktu yang tidak memungkinkan. Mesti buru-buru balik ke Jogja karena kereta yang akan saya tumpangi ke Jakarta berangkat puku 5 sore. Khawatir telat. 🙂

Jika kalian malas untuk masuk Kawasan Wisatanya (karena kadang ramai), kalian bisa melipir ke daerah sekitarnya untuk mencari view yang berbeda, seperti yang saya lakukan. #pencintagratisan hehe

Sepertinya saya harus kembali ke tempat ini, bermalam disini dan melihat bintang berhamburan di langit Ketep Pass. Seperti yang saya lihat di galeri foto seseorang di dunia maya.

Terima kasih Mas Zulfah sudah mau saya repotkan.

Salam,

Nunuz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 1 =