Menuju Film Koala Kumal

Koala-Kumal
Poster Film Koala Kumal
Poster film koala kumal from cineplex21.com

Koala Kumal adalah buku ketujuh dari Raditya Dika. Buku ini berisi duabelas cerita nyata dari sang penulis. Koala Kumal adalah salah satu yang mengisi bab dari kumpulan cerita konyol nan banyol dari komika yang satu ini. Lalu, Koala Kumal di filmkan? bakalan kayak gimana ya? cerita yang mana yang bakalan diangkat ke layar lebar?

Falshback sebentar. Buku Koala Kumal terbit 17 Januari 2015, tepat dihari itu saya membacanya sampai tuntas. Ada yang beda dari buku ini, nuansa galau, patah hati, dan kehilangan melingkupi setiap ceritanya. Namun, tetap apapun yang terjadi dihidupnya Raditya Dika semuanya akan berakhir dengan ditertawakan, ada aja gitu lucunya. “Seberat apapun hidup, mungkin lebih ringan kalau diketawain kali ya Bang Dika”. 🙁

Ada Jangwe di Kepalaku, bab pertama buku ini bercerita mengenai kehilangan teman. Kemudian disusul dengan Balada Lelaki Tomboi, kegalauan tercermin jelas dari kalimat

‘Perlu berapa kali diselingkuhin agar kita kuat menghadapi patah hati?’.

Raditya juga mencoba memberikan panduan kepada para lelaki korban penolakan lewat “Panduan Cowok Dalam Menghadapi Penolakan”, tuh kan doi galau jodoh.

Janganlah menyerah dalam mencari jodoh kalian. Pikirkan baik-baik: jangan-jangan jodoh kamu adalah orang yang selama ini ada di dekat kamu sendiri.- ketika bang Dika berpesan 🙂

Kucing Story. lagi-lagi meskipun menceritakan kucing, kalimat terakhir di cerita ini tersirat ke galauan pada mantan.

Maka, ketika dia sudah tidak bisa mencintai, mungkin dia tidak harus berurusan dengan hal-hal yang berhubungan dengan cinta. Seperti misalnya, mantan pacar yang masih sering ketemu.

Ingatlah Ini Sebelum Bikin Film, LB, Perempuan Tanpa Nama, Menciptakan Miko, Lebih Seram dari Jurit Malam, Patah Hati Terhebat, Aku Ketemu Orang Lain, semuanya berkisah mengenai keresahan Raditya Dika, resah gelisah karena cinta ya bang. 🙂

Patah Hati Terhebat bercerita mengenai Trisna, salah satu teman Dika yang kehilangan cinta karena dipisahkan Sang Maha Kuasa. Bersama Trisna, Dika menemukan arti patah hati sebenarnya.

‘Setiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya dia terhadap cinta seumur hidupnya.’

‘Yang jelas, orang setelah mengalami patah hati hebat akan berubah.’ Trisna melanjutkan kalimatnya.

‘Kadang perubahannya jadi buruk banget, kayak gue yang gak bisa pacaran lagi. Kadang perubahannya membuat mereka jadi homo atau lesbian. Kadang perubahannya gak  terlalu dahsyat, kayak misalnya mereka jadi gampang percaya sama orang. Tapi yang jelas: mereka berubah.’

Trisna berkata,’Kita akan selama-lamanya jadi orang yang lain, gara-gara satu patah hati kampret dalam hidup kita. Kecuali ada mantra sihir Harry Potter yang bisa membuat kita lupa sama itu semua.’

Sebagai pamungkas, penulis yang satu ini bertutur mengenai rencananya untuk “Pindah Hati”.

Seorang senior gue di SMA pernah bilang, patah hati itu seperti serial Dragon Ball. Setiap kali Son Goku, jagoannya, kalah dari musuhnya, dia akan kembali lagi jauh lebih kuat. Patah hati seharusnya seperti itu, dari setiap kecewa, kita akan makin kuat dalam menghadapi problem percintaan berikutnya.

Nah, untuk Koala Kumal sendiri ternyata terinspirasi dari sebuah foto di situs Huffington Post. Koala malang yang pergi meninggalkan habitatnya, kemudian kembali dan semuanya telah berubah. Ia duduk sendiri menatap habitat yang rusak, tak adalah lagi rumahnya yang dahulu. Ia kumal dalam kesendirian.

Dan Raditya Dika melihat dirinya saat itu, ketika sang mantan kembali dan semuanya telah berubah. Semuanya udah beda, dan kita ga bisa sama-sama lagi.

Diakhir cerita ada percakapan antara ibu dan anak tersirat ada pergerakan hati yang mulai move on.

‘Kamu kenapa?’

‘Engga, abis ketemu dia, Ma’, kata gue, menyebutkan nama mantan gue.

‘Oh apa kabar dia?’

‘Baik, sih,’ kata gue dengan tidak acuh.

Nyokap melihat ke mata gue, naluri seorang ibu tampaknya membuat dia tahu apa yang bikin gue bersikap beda malam itu. Nyokap lalu bertanya, ‘Dik, kamu tahu ga istilah Mama untuk orang yang sudah pernah merasa patah hati?’

‘Apa, Ma?’

Nyokap menatap gue, lalu bilang, ‘Dewasa’

Nyokap beranjak ke dalam kamar, meninggalkan gue sendirian. Ada detak jam yang terdengar sayup, ada senyum kecil yang mengembang di bibir. Ada sesuatu yang selesai.

Lalu kisah yang mana yang akan tayang?. Kalau liat dari trailernya sih, kemungkinan besar sih kisah cinta dengan sang mantan ini yang bakalan difilmkan, beserta kisah pertemannanya dengan sosok Trisna. Mantan yang selingkung, kemudian menemui kembali Dika ketika ceritanya usai dengan sang selingkuhan. Jadi penasaran gimana kolaborasi kisah Patah Hati itu.

Cinta pasti berakhir tragis, dan ujungnya cinta itu perpisahan.

Selamat menertawakan Patah Hati di tanggal 5 Juli 2016.

*Pict from google

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 3 =