3 Objek Wisata Andalan Banyuwangi

Kamu tahu Banyuwangi? Jika pernah ke Bali dari Pulau Jawa via kapal laut, kamu pasti melewatinya. Meskipun awalnya sekadar tempat perlintasan atau singgah saja, ternyata Banyuwangi yang berlokasi di ujung timur Pulau Jawa ini menyimpan potensi wisata yang menakjubkan. Tak kalah dengan tempat-tempat lain di seluruh nusantara. Jadi, beberapa destinasi menarik ini wajib kamu kunjungi.

1. Kawah Ijen

Blue Fire Kawah Ijen
Blue Fire Kawah Ijen

Kamu pasti pernah melihat api dan itu terlihat biasa saja, warnanya merah bukan? Tapi bagaimana jika berwarna biru menyala dan itu bukan di atas kompor berteknologi si api biru.

Fenomena Api Biru atau lebih dikenal dengan Blue Fire bisa kamu saksikan di Kawah Ijen. Sebuah kawah belerang yang terletak di Gunung Ijen. Kawah Ijen berada 2.368 di atas permukaan laut. Luasnya sendiri mencapai 20 kilometer. Dinding-dinding kalderanya setinggi 300-500 meter. Saking luasnya, Kawah Ijen mencakup dua lokasi yaitu Banyuwangi dan Bondowoso.

Blue Fire di Kawah Ijen berasal dari aliran belerang yang berada di kawasan kawah dan akan terlihat jelas di malam hari, puncaknya sih menjelang subuh. Fenomena ini menjadi daya tarik wistawan lokal maupun mancanegara. Banyak dari mereka berbondong-bondong melakukan treking dimalam hari untuk menyaksikan fenomena menakjubkan tersebut.

So, jika berniat mengunjungi Kawah Ijen, kamu perlu berhati-hati dengan panasnya kawah dan bau belerang yang menyengat. Untuk itu, selalu jaga keselamatan dan jaga jarak saat menikmati fenomena alam ini.

Selain Bule Fire yang memikat di Kawah Ijen, ada juga danau berwarna tosca yang menawan, bahkan jika kamu perhatikan dengan saksama, di sana kamu juga dapat menyaksikan penduduk setempat yang sedang menambang belerang.

Penduduk di sana memang banyak yang berprofesi sebagai penambang belerang dan mereka masih menambang dengan cara tradisional. Itu artinya, cara menambangnya tidak dengan peralatan canggih dan hanya menggunakan alat seadanya.

Selain itu, tidak ada juga alat pengaman yang memadai. Bahkan untuk mengangkut belerang, mereka memikulnya dengan dua keranjang dan sebilah kayu. Padahal, berat belerang yang mereka pikul bisa mencapai 80-100 kilogram. Sungguh luar biasa bukan?

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran

Suka dengan binatang? Dan ingin melihatnya di alam liar? Saatnya kamu mencoba destinasi Banyuwangi berikutnya, yaitu Taman Nasional Baluran. Taman Nasional Baluran adalah cagar alam dan wilayah konservasi terutama hewan dan tumbuhan untuk mencegah terjadinya kepunahan. Tempat ini sangat menarik karena menawarkan pemandangan padang rumput hijau atau sabana yang sangat luas. Sabana Bekol namanya.

Hewan-hewan di Baluran juga beragam dan menarik untuk dilihat. Adapun maskot dari taman nasional ini adalah banteng. Selain itu, ada juga binatang menarik lain, seperti kerbau, ajag, rusa, kijang, macan tutul, dan kancil. Di samping hewan-hewan tersebut, ada juga tumbuhan khas, contohnya widoro bukol dan pilang.

Kamu juga bisa mencoba berjalan-jalan sembari menikmati semilir angin hutan dan sabana khas di negara beriklim tropis atau menikmatinya dari atas menara pandang. Selain itu, kamu bisa juga melihat tingkah lucu dan menarik dari fauna yang ada, terutama monyet ekor panjang. Taman Nasional Baluran cocok untuk tempat liburan anak-anak, karena destinasinya yang menarik dan edukatif. Jadi bermain sambil belajar pas banget ditempat ini.

Jika kamu ingin mengunjungi Taman Nasional Baluran dan merasa akan menjelajahi Banyuwangi lebih dari sehari, sebaiknya kamu menginap di hotel terdekat. Adapun salah satu contohnya adalah Hotel Santika Banyuwangi. Hotel ini adalah salah satu hotel terbaik di Banyuwangi dan mendapatkan rekomendasi positif dari pengunjungnya. Lokasinya pun tidak hanya dekat Taman Nasional Baluran, tapi juga dekat dengan objek wisata Kawah Ijen loh.

Jadi, sebelum datang ke Banyuwangi, pastikan kamu reservasi penginapan atau malah sekalian tiket liburan di situs Traveloka.com. Kamu akan mendapat banyak keuntungan, seperti adanya diskon hotel.

3. Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Sunset-di-Pantai-Pulau-Merah-600x337
Pulau Merah (Sumber initempatwisata.com)

Bicara Banyuwangi, tak lengkap rasanya jika belum membahas wisata pantainya. Banyuwangi yang terletak di kawasan pesisir menyuguhkan banyak wisata pantai yang menawan. Salah satunya adalah Pantai Pulau Merah Banyuwangi.

Saat mata memandang ke lautan, pemandangan laut akan tampak cantik dengan sebuah bukit yang tidak jauh dari bibir pantai. Bukit di tengah lautan itu diselimuti oleh pepohonan dan semak hijau yang rindang. Jika penasaran, kamu boleh coba mendekat.

Lalu kenapa disebut Pantai Pulau Merah?

Saat surut kamu dapat melihat tanah merah yang mencuat dari balik semak-semak di bukit tadi. Unik bukan? Coba nikmati pemandangannya saat senja tiba, pasti akan terlihat sangat menawan.

Kamu juga bisa menikmati berjalan-jalan di pasir putih yang indah atau sekadar duduk-duduk sembari merasakan deru ombak dan semilir angin menyapu wajah. Pantai ini hanya salah satu pantai yang populer di Banyuwangi loh. Masih banyak pantai-pantai lain yang menunggu untuk dieksplorasi misalnya saja Pantai Watu Dodol, Pantai Rejegwesi, Pantai Plengkung, Pantai Bama, dan Pantai Sukamade.

Terbukti kan Banyuwangi tidak hanya sebagai tempat singgah atau transit, namun juga menyimpan potensi wisata alam yang menarik. Nikmatilah wisata-wisata Banyuwangi bersama keluarga. Terlebih untuk mengukir momen-momen bersama, dan merasakan keindahan alam Sang Pencipta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 8 =