Mie Celor, Tempat Kaki Lima Rasa Bintang Lima

mie-celor-jambi

“Kita cobain Mie Celor ya tar di Jambi” kat Tiul. Seorang teman yang berbaik hati menjemput dan menampung saya dirumahnya ketika di Jambi.

“Boleh ul”

Saya tak menyangka jika makan Mie Celor di Jambi dilakukan di Pagi hari. Mie Celor ibarat nasi uduk kalau di Jawa Barat. Mie Celor untuk sarapan.

“Hah, makan Mie Celor pagi-pagi ul?”

“Iya kak, di sini Mie Celor buat sarapan” jelas Tiul pada saya yang masih keheranan.

Kami tiba disebuah warung Mie pinggir jalan. Dengan gerobak sederhana, tenda seadanya, dan bangku-bangku dalam jumlah yang sedikit, warung Mie Celor ini ramai penikmat.

Saya dan Fia ambil posisi tempat duduk, sedangkan sang tuan rumah memesan makanan untuk kami bertiga. Tak lama waktu berselang, Mie Celor sudah ada di meja kami.

warung-mie-celor-jambi-with-fia-and-tiul
Foto dulu lah di Warung Mie Celor

Satu porsi Mie Celor berisi Mie kuning, irisan daging ayam, sepotong telur, prekedel kentang, toge, bubuhan irisan daun seledri dan goreng bawang serta kuah yang kental. Satu porsi Mie celor di bandrol cukup muruh yaitu 14 ribu rupiah saja. Aroma sedap menyeruak dan kepulan asap yang dihasilkan dari Mie ini membuat saya tak sabar mencobanya.

mie-celor-super-lezat
Seporsi Mie Celor ala Kota Jambi

Di meja tak lupa tersedia irisan jeruk, kecap asin dan manis, serta setoples sambal. Mari makan, eh sarapan.

mie-celor-super-enak
Mie Celor Super Enak untuk memulai hari yang baik

Kata teman saya Mie Celor Jambi berbeda dengan di Palembang. Saya hanya ber ooh ria, karena belum pernah coba Mie Celor khas Palembang. Dan saking antusiasnya makan, lupa deh tanya bedanya apa.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Di Kota Palembang

Menurut mbah google, Mie Celor Jambi hanya berisi kuah yang terbuat dari rempah-rempah dan santan tanpa udang kering, serta berkuah lebih encer dibanding saudaranya di Palembang.

Saya heran kenapa Mie ini banyak dijajakan justru bukan malam hari diudara yang dingin seperti layaknya Mie tektek di Jawa. Tapi malah pagi hari menemani keriaan orang-orang yang mencari sarapan sebelum beraktifitas seharian.

Mungkin, menikmati Mie Celor dipagi hari seperti menikmati semangat yang akan dibawa sepanjang hari. Karena makanan yang enak diawal hari bisa membuat mood bagus sepanjang hari. haha

Biasa lah “perut kenyang, hati pun senang”. Apalagi kenyang dengan makanan super lezat ini.

Jangan lupa coba Mie Celor Bu Ani di Jalan Talang Banjar selain Tekwan atau Nasi Gemuk di Jambi ya.

Mari berkelana, bahagai!

7 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 2 =