Sensasi Berendam di Tepi Sawah

Selamat datang di citaman

Akhir pekan lalu, saya mengajak beberapa teman untuk berendam di Tepi Sawah. Kebetulan lokasinya tak jauh dari tempat tinggal saya. Hanya butuh kurang lebih 20 menit untuk sampai di Citaman. Citaman yang merupakan pemandian mata air dan juga situs cagar budaya ini berlokasi di Desa Sukasari, Kecamatan Pulosari, Pandeglang.

“Loh kok mandi di Situs cagar budaya sih?”

Eits, bentar dulu. Jadi, Citaman ini memang merupakan situs cagar budaya, karena tak jauh dari pemandian, terdapat situs purbakala berupa Batu Goong. Batu Goong sendiri konon merupakan peninggalan Budha dan Islam saat pertama disebarkan. Mungkin ceritanya ada di Museum kecil yang pagi itu belum buka.

Museum kecil citaman
Museum Citaman

Menurut info yang didapat dari pemilik warung di sekitar kolam, untuk sampai ke Situs Batu Goong  perlu berjalan kaki kurang lebih 15 menit dan menanjak.

“Yah kayak tadi dari parkiran ke sini lah Neng jauhnya. Kalau tadi kan ga nanjak, kalau ini rada nanjak” jelas Ibu warung

Mendengar kata najak, nyali menjadi ciut. Karena males nanjak pagi-pagi buta dan pengen buruan nyemplung. Selepas menitipkan barang-barang pada pemilik warung di sekitar pemandian,  kami langsung menyemplungkan diri ke air super jernih ini.

Jam menunjukkan puku 8.30 WIB dan kolam ini masih kosong. Kolamnya hanya ada dua bagian yang disekat dengan batu-batu. Pemandian Citaman ini sangat sederhana dan alami. Nah dipinggir-pinggir kolam tuh udah sawah. Asik banget. Badan seger mata seger.

Pemandian alami citaman menes
Pemandian Citaman

Tampkannya hanya ada kami bersembilan yang datang belum mandi dan niat mandi pagi di tempat ini. 🙂 Tanpa pikir panjang dan mikir ini air bersih atau ga kami langsung nyemplung. Air jernih sampai kelihatan batunya ga mungkin ga bersih kan ya. Lagi pula pemandian ini airnya mengalir kok.

Pemandian Citaman menes
Yang niat mandi pagi di Tepi sawah

Mau tahu rasanya mandi pagi dan berendam di tepi sawah, datang saja ke Citaman.

Tips:

Datanglah pagi hari sebelum pukul sembilan, agar merasakan sensasi dinginnya mata air. Kolam masih sepi jadi berasa punya sendiri.

Tiket:

Tiket Parkir Mobil : Rp. 10.000,-

Tiket Masuk : Rp. 5.000,-

Rute:

Dari Pandeglang-Mandalawangi-Masuk ke arah Jiput

Dari Menes-Jiput-belok kanan ke arah Mandalawangi/ Pandeglang

Dari Carita atau Anyer, belok kiri menuju arah Jiput

Dari Labuan, berbelok ke arah kanan menuju arah Jiput

Mari berkelana, bahagia!

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 6 =