Iblis dan Miss Prym-Paulo Coelho: Apa itu baik dan jahat?

Iblis dan Miss Prym Paulo Coelho

Membaca buku ini, saya turut mempertanyakan apa itu baik dan jahat? apa itu keadilan? dan tentunya apakah manusia pada dasarnya baik atau malah jahat?

Iblis dan Miss Prym bercerita mengenai itu semua, lewat sosok Orang Asing dan Chantal. Berlatar sebuah desa terpencil bernama Viscos, tempat Chantal tinggal dengan masyarakat yang jumlahnya terbilang sedikit, datanglah Orang Asing dan memutuskan untuk menginap cukup lama disebuah hotel dimana Chantal bekerja.

Orang Asing kemudian mengajak Chantal kesuatu bukit, ia menunjukan hal yang tak pernah terduga oleh Chantal, batangan-batangan emas yang terkubur dalam tanah. Namun dengan jelas ia mengatakan ia ingin membuktikan bahwa pada dasarnya manusia itu jahat.

Layaknya semua orang asing, ia yakin para wanita muda dari desa terpencil cukup naif untuk menerima tawaran apapun, entah nyata maupun khayalan, asalkan ada sedikit saja kesempatan untuk meninggalkan dunianya.

Misi tersebut membuat Chantal gundah, karena tak tahan ia bercerita didepan penduduk Viscos tentang apa yang ia alami bersama Orang Asing itu. Hal itu membuat seluruh penduduk Viscos gundah dan mencoba mengatur rencana.

Jadi, kalian lihat, Baik dan Buruk memiliki wajah yang sama; semua bergantung dari kapan keduanya melintas dalam kehidupan seorang manusia.-Miss Prym

Lalu apakah penduduk Viscos lulus ujian dari misi yang diharapkan Orang Asing?

Ada dua macam orang bodoh-yang tidak bertindak ketika diancam, dan yang mengira sedang bertindak karena telah melontarkan ancaman.

Kalau ingin mengendalikan seseorang, kau hanya perlu membuat mereka takut.

Buku ini memberi saya pengetahuan mengenai baik, jahat, adil, rasa takut, sifat pengecut, bahkan serakah. Paulo Coelho berhasil meraciknya dalam kisah yang menawan.

Bukanlah keinginan untuk patuh kepada hukum yang membuat orang berperilaku seperti yang dituntut masyarakat, melainkan rasa takut pada hukuman. Kita masing-masing membawa tiang gantungan didalam diri kita.

Saya suka dengan percakapan-percakapan yang tercipta antara Chantal dan Orang Asing.

Tapi aku mengerti kemenangan dan kekalahan turut membentuk kehidupan setiap manusia-setiap manusia, kecuali pengecut, seperti istilahmu, karena mereka tidak pernah kalah ataupun menang.-Chantal

Antara Miss Prym dengan penduduk Viscos.

Kejahatan perlu mewujudkan dirinya agar penduduk Viscos mengerti nilai kebaikan.

Aku ingin mengatakan bahwa Kejahatan tidak pernah membawa Kebaikan.

Sosok Berta, satu-satunya orang yang memahami Miss Prym juga memperkaya novel ini. Ditambah ia yang bisa bercakap-cakap dengan suaminya didunia lain.

Mungkin pertarungan antara Baik dan Jahat berlangsung setiap saat dalam hati setiap manusia. Hati manusia adalah medan pertarungan bagi semua malaikat dan iblis; demi menguasai hati manusia; keduanya berjaung sedikit demi sedikit selama ribuan milenium, sampai satu dari mereka akhirnya menalukan lawan.-Berta

Jadi manusia sebenarnya baik atau jahat nih? kehidupan itu berjalan bagaimana?

Hidup bisa terasa amat panjang atau sangat singkat, tergantung bagaimana kau menjalaninya.

Pilih saja yang kau mau, yang hatimu katakan, yang nalarmu kau pertimbangkan.

Selamat membaca

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 3 =