Bosan dengan Pelabuhan Ratu? Inilah 5 Tempat Wisata Alam Alternatif di Sukabumi

Kalian pasti mengenal Pelabuhan Ratu bukan? Pelabuhan Ratu adalah ibukota Kabupaten Sukabumi yang terkenal dengan pantainya. Selain memiliki pantai di daerah sana yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan, Sukabumi ternyata memiliki banyak sekali keindahan alam tersembunyi di beberapa tempat lainnya. Beberapa tempat wisata ini mungkin belum banyak terjamah oleh para wisatawan loh, sehingga keindahannya masih terjaga.

Yuk kita cek apa aja!

1. Pantai Cibangban Sukabumi

Di Sukabumi terdapat banyak pantai yang tidak kalah indahnya dengan Pantai Pelabuhan Ratu, salah satunya adalah Pantai Cibangban. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya dan sangat cocok sebagai tempat wisata untuk keluarga. Karena ombaknya yang tidak begitu besar, anak-anak bisa dengan aman bermain air atau bahkan berenang di pantai ini. Selain pemandangannya yang spektakuler, air laut di Pantai Cibangban sangat jernih.

Pantai Cibangban (Sumber: yukpiknik.com)

2. Taman Rekreasi Selabintana

Taman Rekreasi Selabintana berlokasi di kaki Gunung Pangrango. Taman ini adalah sebuah destinasi wisata di Sukabumi yang memiliki suasana pegunungan. Jika kalian ingin menghabiskan liburan dengan bersantai bersama teman-teman atau keluarga, Taman Rekreasi Selabintana bisa menjadi tempat yang cocok karena bisa berpiknik dengan pemandangan pegunungan yang asri.

Fasilitas di taman ini juga cukup lengkap dan bisa menunjang kenyamanan wisata kalian. Mulai dari tempat parkir, kolam renang, toilet, tempat bermain anak, tempat perkemahan, kebun teh, hutan, sampai berbagai wahana outbond tersedia di Taman Rekreasi Selabintana. Selain itu, tak jauh dari Taman rekreasi terdapat wisata alam air terjur “Curug Cibeureum” dan camping graound pondok halimun.

Selabintana camp ground
Camp. ground Pondok halimun, Selabintana
Curug cibeureum selabintana
Curug Cibeureum Selabintana

3. Situ Gunung

Di Sukabumi ada juga nih tempat yang punya danau dan curug yang cakep. Nama tempatnya Situ Gunung. Buat kalian yang memang hobi untuk treking-treking mencari-cari curug alias air terjun cantik, tempat ini wajib kalian kunjungi sih. 

Curug swer situ gunung sukabumi
Curug Sawer Situgunung Sukabumi

4. Danau Batu Bacan

Danau Batu Bacan merupakan destinasi wisata yang kini sedang populer di media sosial. Awalnya, danau ini adalah lubang bekas galian proyek pertambangan yang semakin hari semakin dipenuhi air hujan hingga berubah menyerupai danau. Danau Batu Bacan terlihat sangat cantik dan indah dengan air yang berwarna hijau dan berkilauan terkena cahaya matahari.

Sayangnya, Danau Batu Bacan belum menjadi lokasi wisata yang diresmikan pemerintah setempat. Hal ini dikarenakan aktivitas pertambangan di sekitar danau masih aktif. Jadi, jika ingin mengunjungi Danau Batu Bacan, Kalian harus siaga untuk melihat garis polisi karena daerah sekitar Danau Batu Bacan berpotensi longsor. Safety first ya bro and sist.

Screen Shot 2017-12-19 at 7.14.37 PM
Danau Bacan (sumber @indahsopana)

5. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh adalah sebuah kawasan di Sukabumi yang memiliki berbagai macam objek wisata. Di dalam geopark ini, kalian bisa berenang dan berjemur di Pantai Ciletuh yang menawarkan pemandangan bukit dan panorama laut yang indah. Atau, kalian bisa menjelajahi sebuah gua di balik Curug Sodong, bermain air di Curug Cimarinjung, dan bersantai sambil menikmati camilan di Curug Awang.

Geopark Ciletuh dari Puncak Padma (Sumber: info-smi.blogspot.co.id)

Jika kalian ingin mengunjungi Geopark Ciletuh, ada baiknya menginap karena dengan begitu kalian bisa menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbit dan terbenam di Puncak Darma.

Untuk menjelajahi wisata alam di Sukabumi emang ga cukup sehari, tentu kalian membutuhkan akomodasi yang nyaman sekaligus aman dikantong. Airy Rooms, sebagai jaringan hotel terbesar di Indonesia, menyediakan berbagai pilihan hotel murah di Sukabumi yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Jika kalian memesan hotel di Airy Rooms, dijamin ga bakalan nyesel karena fasilitasnya lengkap mulai dari AC, Water Heater,  hingga Wi-Fi gratis. Nikmati juga kemudahan dalam bertansaksi di Airy Rooms karena bisa melakukan pembayaran via kartu kredit atau transfer bank. Pesan kamar hotel sekarang di Airy Rooms via situs web atau unduh aplikasinya di App Store dan Play Store.

Mari berkelana, Bahagia!

1 comment

  1. Belum pernah satu tempat pun kesana, padahal BPJ sudah beberapa kali trip ke Geopark Ciletuh. Mudaj-mudahan bisa ke Geopark tsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 6 =