Singgah ke Islamic Center Lombok, Nusa Tenggara Barat

Dipenghujung akhir tahun lalu, saya kembali lagi ke pulau ini. Menuntaskan impian yang tertunda, Rinjani. Lebih dari satu minggu di sana, saya memiliki waktu yang cukup banyak untuk menggunjungi beberapa tempat lagi di Kota Mataram. Mendaratlah saya pada sebuah bangunan megah di jantung kota ini, Masjid Hubbul Wathon Islamic Center Lombok.

Masjid Hubbul Wathon Lombok
Bagian Luar Masjid Hubbul Wathon Lombok

Masjid yang peletakan batu pertamanya ditahun 2011 ini, memiliki bangunan yang sangat indah, dilengkapi dengan menara pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat Kota Mataram dari ketingginan. Untuk bisa naik ke atas menara, kita hanya diwajibkan membayar tiket sebesar 5K. Tenang saja, kalian tak perlu capek-capek naik tangga, karena menara ini memiliki fasilitas lift.

Islamic center mataram 2
Bagian atas mesjid Islamic Center Lombok

Tak salah jika Pulau Lombok dijuluki sebagai Pulau seribu masjid. Sejauh mata memandang dari ketinggian menara masjid setinggi 99 meter ini, yang saya lihat adalah kubah-kubah nan cantik menyembul dari rentetan atap-atap bangunan rumah maupun gedung.

Islamic center lombok 5
Terlihat kubah-kubah masjid yang banyak jumlahnya

Saya melihat, masjid menjadi bangunan yang megah yang menghiasi setiap sudut kotanya di Pulau Lombok. Saya sering mendapati mesjid megah disetiap perempatan jalan di Pulau ini. Sepertinya, tiap keluarahan atau mungkin rukun tetangga di sana punya satu atau lebih masjid yang megah. Sehingga masjid terlihat bak jamur di musim hujan dari ketinggian seperti ini.

Pemandangan kota mataram
Pemandangan Kota Mataram dari atas menara masjid

Meninggalkan kekaguman saya dengan banyaknya masjid yang berdiri di kota ini, saya melangkahkan kaki memasuki area utama di Islamic Center ini. Kami memasuki masjid, meniti tangga hingga lantai tertinggi, kalau ga salah lantai empat. Sebenarnya ada tangga berjalan juga sih, hanya kami memilih yang manual, agar berasa šŸ™‚

Masjid ini memiliki atap khas bangunan tradisional Suku Sasak dengan lima menara disekelilingnya. Jika menilik kedalam masjid, pada bagian langit-langit terdapat motif-motif tenun Sasak. Kemudian, kain batik sasambo khas Nusa Tenggara BaratĀ menjadi lapisan berwarna biru pada lampu yang berukuran sangat besar. Perpaduan motif dan warnanya sangat cantik.

Islamic center mataram lombok
Bagian atap Mesjid Islamic CenterĀ Lombok
Islamic center mataram
Bagian dalam mesjid Islamic Center Lombok, NTB

Pemilihan warna keemasan pada bagian mimbar masjid, kontras dengan warna merah pada karpet, memilikiĀ kesan mewah bisa terpancar pada bagian utama masjid ini. Masjid ini juga memiliki pencahayaan yang bagus, karena memiliki bukaan jendela yang sangat banyak disetiap lantainya.

Islamic center lombok 4
Bagian mimbar Mesjid Islamic Center Mataram

Layaknya Islamic Center, gedungĀ ini dilengkapi dengan gedung kesekertariatan,Ā Ballroom, dan area parkir yang luas. MasjidĀ iniĀ pun mampu menampung jamaah hingga 15.000 orang. Super gede banget kan ya šŸ™‚

Melihat betapa indahnya setiap detail yang ada di masjid ini, tak heran jika pembangunannya menghabiskan waktu hingga lebih dari empatĀ tahun. Tak heran juga jika masjid ini menjadi salah satu wisata religi andalan Kota Mataram. Nah, bagiĀ kalian yang sedang atau akan berlibur ke Lombok, singgahlah ke masjid nan indah ini. Ga akan menyesal deh!

Islamic center lombok
Wajah hitam legam sisa-sisa Rinjani šŸ™‚ Foto oleh Rifqi

Mari berkelana, bahagia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 7 =