Outfit Tepat Liburan Makin Mantap

Kali ini saya tidak akan membahas mengenai tempat-tempat yang keren untuk berlibur. Tapi, akan membagi cerita outfit saat berlibur di tempat-tempat yang beranekaragam. Urusan pakaian kayaknya jadi hal terpenting ya setelah menentukan tujuan wisata, transportasi, dan akomodasi yang kita pilih.

Saya kadang bingung harus pakai baju apa, sepatu wanita yang bagaimana, bawa aksesoris apa yang bisa masuk kedalam tas backpack atau carriel. Agar tampilan tetap kece dan pundak ga memble karena keberatan bawaan. Hingga, saya ga saltum nih, bisa selfie, dan ootd deh saat berlibur.

Baju Atasan

Tidak mau ribet, saya biasanya lebih banyak membawa kaos, atau kemeja yang cepat kering ketika berlibur. Selain itu juga, memilih bahan atau motif yang kalau lecek ga kelihatan, serta ga perlu disetrika. Jika saya bepergian ke daerah yang cukup dingin, kemeja flanel menjadi andalan. Kemeja ini juga bisa dipadu padan dengan kaos atau atasan lainnya sebagai oterwear.

outfit liburan ala kelanaku
Outfit liburan, kemeja dan celana kulot, jika sedang city tour

Untuk pemilihan warna, pilih atasan dengan warna-warna netral. Kalau pun ingin menggunakan warna cerah, pilih yang bisa dipadupadan dengan atasan atau outerwear lainnya atau bahkan hijab kalian. Bagi saya yang berhijab, bisanya saya memilih atasan yang warnanya ada dihijab (jika hijab bermotif). Jadi bisa hemat bawa hijab deh.

Outfit naik gunung
Naik gunung, cukup pakai kaos, celana jogger, dan sepatu hiking. Udah paling aman deh 🙂

Celana atau Rok?

Saya ga pernah pakai rok saat berlibur. Jadi kita bahas celana aja ya. ☺

Padupadan jeans, kemeja, dan sepatu model converse saat berkeliling Fort Marlborough

Celana jeans sepertinya menjadi outfit liburan yang wajib dibawa. Celana tipe ini cocok untuk dipadupadankan dengan atasan tipe apapun. Selain itu, bisa hemat celana, karena bisa dipakai berkali-kali.

Selain jeans, saya suka dengan celana Jogger. Celana ini juga bisa digunakan dalam kondisi liburan jenis apapun termasuk naik gunung. Yang harus diperhatikan adalah tipe bahannya saja. Jangan menggunakan celana tipe apapun dengan bahan jeans ke gunung ya guys. Itu berat dan dingin, kebayangkan nyiksanya kayak apa. Kalau ke daerah pegunungan, pakailah celana dengan tipe bahan lentur dan cepat kering.

Sepatu sneakers plus celana kulot, bisa juga buat otfit liburan nih 🙂

Kalau saya sedang ingin ootd dan terlihat lebih cewek. Celana tipe kulot menjadi andalan. Namun tetap, pilih warna-warna yang netral ya. Biasanya saya cocokan juga nih dengan tipe dan warna sepatu yang saya gunakan.

Jaket

Saya termasuk orang yang suka sekali pakai jaket, kemana-mana bawa jaket, sehingga jaket menjadi salah satu outfit liburan wajib. Jaket juga jenisnya macem-macem, mulai jaket yang bebahan polar, sampai yang berbahan taslan parasut. Biasanya ketika berlibur saya minimal membawa dua tipe jaket, yaitu jaket polar untuk dingin dan jaket taslan yang waterproof yang bisa saya pakai saat hujan atau cuaca berangin. Sesekali saya juga membawa jaket tambahan berupa jaket parka. Jaket tipe ini agak berat, jadi seringnya saya gunakan kalau mau city tour saja.

Outfit ketika naik gunung, safety first, selfie kemudian!

 

Sepatu

Ini nih yang super penting!

Outfit liburan disesuaikan dengan tempat berlibur, jaket jangan ketinggalan kalau ke gunung ya 🙂

Jenis sepatu tuh banyak banget, tapi belum tentu semuanya cocok sebagai outfit liburan kita. Tempat tujuan berlibur menjadi penentu sepatu apa yang paling kita butuhkan. Biasanya kalau hanya city tour, berkunjung dari museum ke museum, atau pantai, dan bukan pegunungan, saya memilih menggunakan sneakers. Sepatu jenis ini adalah salah satu sepatu wanita yang menurut saya super nyaman, alasnya empuk. Ga kebayang aja sih jalan kaki keliling kota pake flat shoes atau wedges. Betis bisa super berkonde kayaknya.

Kalau ke air terjun bisa pilih pakai sepatu atau sandal hiking

Nah, beda lagi kalau berliburnya ke daerah pegunungan, curug atau air terjun, bahkan naik gunung, saya memilih menggunakan sepatu atau sandal hiking. Bagi saya, berlibur ketempat seperti ini safety first deh. Sepatu dan sandal hiking, sol atau alasnya sudah didesain dengan baik untuk jalur berbatu, berlumut, berlumpur dan jalur-jalur cadas lainnya, sehingga meminamalisir kecelakaan akibat terpeleset.

Ke laut pakai boot boleh juga, biar bisa naik-naik karang macem gini 🙂

Tapi kan sepatu wanita dengan tipe kayak gitu warnanya kurang cerah. Eits, kata siapa! Saat ini banyak kok yang mengeluarkan desain dan warna khusus wanita. Inget safety first, ootd kemudian. ☺

Aksesoris lainnya

Saat berlibur, saya bisanya memilih aksesoris yang benar-benar saya butuhkan seperti scraf, kacamata, topi, beanie hat, tote bag atau backpack yang bisa dilipet sampai super kecil. Semua item ini saya bawa kemanapun berlibur mau itu hanya city tour atau naik gunung sekalipun. Scraf, kacamata, topi, dan beanie hat bisa melindungi kita dicuaca panas maupun dingin. Untuk ke gunung sendiri, biasanya saya tambahkan membawa kaos kaki dan sarung tangan super tebal. Nah, untuk tote bag atau backpack kecil ini bisa saya pakai untuk berjalan-jalan. Ga mungkin kan keliling kota bawa-bawa carriel. Berat cuy!☺ ☺

outfit liburan
Bawa topi biar ga kepanasan 🙂

Jadi gimana, udah siap liburan dengan outfit yang tepat namun tetap kece? Jangan sampai liburan bete karena bahu yang memble atau kaki yang mulai berkonde ya ☺

Outfit Tepat Liburan Makin Mantap

Mari berkelana, bahagia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 7 =