3 Kuliner Lampung Yang Wajib Dicoba

kuliner lampung

Setelah puas berwisata di Provinsi Lampung, jangan lupa untuk mencicipi Kuliner Lampung yang banyak orang gandrungi. Apa saja sih wisata kuliner yang wajib kita icip? Yuk, simak ulasannya!

1. Bakso Sony

Kata kawan saya, tidak sah jika mengunjungi Lampung tapi tidak menikmati Bakso Sony atau Bakso Sonhaji. Bakso Sony merupakan Kuliner Lampung yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Lampung maupun para pelancong. Rasanya yang enak dengan harga yang ramah dikantong, kuliner yang satu ini super wajib untuk dicoba.

Satu porsi Bakso Sony, yang terdiri dari bihun dan enam butir bakso dihargai 15K. Murah kan? Selain menjual bakso, tempat ini juga menjual mie ayam dan pempek. Saya sampai nambah loh, tapi dibungkus. Agar tidak dikira rakus!

kuliner lampung
Seporsi bakso sony yang bikin ketagihan

Jika kalian ketagihan dan susah move on dari bakso ini, kalian juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh. Berapa harganya tergantung paket yang kalian pilih. Seingat saya, harganya mulai dari 120K pulus bumbunya juga. Jadi bisa menikmati Bakso Sony di rumah dong ya.

Bakso Sony ini cukup banyak cabangnya di Bandar Lampung. Tapi karena antusiasme yang cukup tinggi, tetap saja cepat habisnya. Jadi datang selagi warungnya baru buka ya. Terniat!

Baca Juga:Mengembala Gajah di Way Kambas, Lampung

2. Pempek 123

Awalnya saya pikir Pempek hanya jadi kuliner yang diandalkan di Palembang, Jambi, dan Bengkulu, ternyata di Lampung pun demikian. Salah satu wisata Kuliner Lampung yang terkenal adalah Pempek 123, yang berlokasi di Tanjung Karang dan Teluk Betung. Menu yang dijajakkan ditempat ini yaitu aneka macam jenis pempek, model, lenggang, dan lain sebagainnya.

kuliner Lampung
Model dan Pempek lenjer Pempek 123

Ketika saya berkunjung ke Pempek 123, hari sudah terlalu sore, hingga menu yang bias saya cicipi hanya pempek lenjer dan model. Aroma pempek yang digoreng seperti aroma minyak kelapa, wangi dan rasanya pun gurih. Untuk seporsi model, kita dikenakan harga sekitar 30K dan untuk pempek lenjer sekitar 60K. Mahal? Iya, karena porsinya lumayan banyak dan rasanya enak.

kuliner Lampung
Berbagai isian dari menu Model

Pempek 123 juga menyediakan paket pempek untuk buah tangan. Selain itu, mereka menjajakan camilan dan kopi khas Lampung. So, abis makan pempek sekalian beli buah tangan deh.

 

Baca Juga: Liburan Kekinian di Puncak Mas Lampung

3. Bebek Belur

Kuliner berikutnya yang endes menurut saya adalah Bebek Belur. Bukan babak belur ya genk! Makanan yang dijajakan ditempat ini tak hanya bebek, tapi ada juga berbagai masakan dari ayam, ikan, lele, dan tahu tempe.

Berhubung namanya Bebek Belur, jadilah saya memesan menu bebek bakar plus teman-temannya, seperti kol goreng dan terong goreng. Makan siang dengan menu ini kadang bikin khilaf sama timbangan. Apa lagi ada sayur asem, sambal, dan lalapan. Aduh tobat deh.

Kuliner lampung
Aneka menu Bebek Belur

Dengan cabang yang cukup banyak di Kota Bandar Lampung, seperti di Jalan di Ponegoro dan Jalan Ratu Debalau, kuliner ini akan mudah untuk kalian dapati. Rata-rata harga paket makanan yang ada di sini dibawah 30K.  Selamat mencoba 🙂

 

Mari berkelana, bahagia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 3 =