ABOUT ME

kelanakucom-at-ranu-kumboloHai, perkenalkan saya Eneng Nunuz Rohmatullayaly, biasa dipanggil Nunuz. Lahir dan melewati masa kecil yang membahagiakan di sebuah desa bernama Menes, yang ga tahu cek peta Kab. Pandeglang, Banten. Melewati masa-masa remaja di Kota Rangkasbitung, masih di Banten. Kemudian pindah ke Bogor untuk melanjutkan studi di Institut Pertanian Bogor. Tahun berikutnya, terjerumus masuk di Jurusan Biologi, yang kemudian menghantarkan saya pada petualangan.

Sejak bertemu manusia-manusia super yang layaknya keluarga di Observasi Wahana Alam (OWA), saya jatuh cinta pada petualangan. Hobi bertualang, membuat saya jadi jarang pulang, kayak anak ilang. OWA mengenalkan saya pada gunung, pada laut, pada goa, pada banyak hal yang dipelajari di ruang kelas dalam bentuk nyata. Gunung Gede menjadi gunung pertama yang saya daki, sekaligus menjadi mula dari rasa cinta akan ketinggian.

Dipenghujung 2009, saya menemukan ketertarikan pada hal lain. Saya jatuh hati pada penelitian tentang Biologi Manusia yang melibatkan kebudayaan didalamnya (Bioantroplogi). Penelitian tersebut mengakomodir passion saya didunia petualangan dan mengamati manusia secara fisik maupun budaya, yang kemudian menahan saya lebih lama tinggal di Kota Hujan untuk melanjutkan sekolah. Kombinasi antara kegemaran tersebut, membakar hasrat saya untuk bertualang melihat manusia dan kebudayaan lain di Indonesia. Melihat suku-suku lain di Indonesia dan belajar tentang mereka adalah petualangan yang berharap bisa terus dilakukan hingga hari tua.

Bertualang menjadi candu yang menggebu, ia kadang datang menyelinap layaknya rindu yang ingin segera untuk diredakan. Petualangan membawa saya pada banyak pengetahuan, banyak perspektif tentang hidup, dan tentunya memberi ruang untuk belajar. Hingga pada akhirnya saya memutuskan untuk mengabadikannya lewat menulis.

Kelanaku.com adalah awal dari keseriusan saya untuk mengabadikan petualangan saya, menuliskan hal-hal yang menarik bagi saya, dan sedikit berbagi pengetahuan yang  dimiliki. Setelah sebelumnya berserakan dilembaran kertas maupun posting-an blog sebelumnya yang super berantakan. Kelanaku.com saya jadikan buku harian yang berkisah mengenai tempat, peristiwa, manusia,  pengetahuan, dan pembelajaran dalam hidup.

“Jika memori dimakan usia, saya berharap kelanaku bisa membawa saya pada ingatan tentang hari-hari yang indah, untuk mengisi hari dimasa senja.”

Semoga bermanfaat bagi para pembacanya.

Mari berkelana, bahagia!

Nunuz

Instagram: @kelanakucom

Twitter: @kelanaku_

Email: nunuz@kelanaku.com