Pura Jagatkarta: Manusia, Tuhan, dan Ritual diantaranya

“Iman adalah hal yang hampir tidak terdefinisi. Karena ketika yakin, dan seseorang bertanya padamu mengapa yakin. Kamu hampir sulit menjabarkan alasan-alasannya” Hari itu hujan rintik-rintik mengantar saya pada sebuah tempat ibadah di Kaki Gunung Salak. Tempat dimana manusia-manusia menyembah Tuhan yang mereka yakini dalam ritual-ritual keagamaan. Saya selalu tertarik melihat orang-orang beribadah, apalagi jika ritual […]

Continue Reading

Berkunjung ke Kampung Naga ga pake ribet

Sejak beberapa tahun lalu saya ingin mengunjungi perkampungan ini. Saya sudah mencari refrensi bagaimana transportasi untuk mengunjungi perkampungan ini? jauh ga ya dari jalan raya? jika ingin menginap bagaimana? cari guidenya gimana? Biasa lah sindrom jika akan bepergian sendirian. Hingga akhirnya diundur terus sampai tidak jadi. Akhir tahun lalu, akhirnya saya berkesempatan mengunjungi tempat ini. […]

Continue Reading

Cangkuang: Menapaki Jejak Hindu dan Islam di Tanah Sunda

“Jika masa lalu tak pernah ada, bukankan hari ini tak pernah menyapa?” Hari itu di minggu terakhir di tahun 2015, kami melaju meninggalkan Garut. Hingga pada saat macet mendera, saya melihat papan petunjuk jalan bertuliskan Situ Cangkuang. “Wah, Situ Cangkuang tuh Bi” saya berujar pada tante saya yang sedang menyetir. “Bagus ga?” “Di internet sih […]

Continue Reading

Curug Sawer: Sepertinya saya kenal tempat ini

Ketika yang lain pergi, kami masih asik berlima di Situ Gunung. Pukul sebelas siang kami kembali menapaki jalan-jalan berbatu di area Situ Gunung. Kali ini kami berlima hendak mengunjungi Curug Sawer yang konon katanya bagus. Beberapa meter berjalan, saya seperti teringat sesuatu. “Kok gue kayak pernah jalan ke sini ya. De javu nih” ungkap saya […]

Continue Reading

Situ Gunung: Antara Kenangan dan #JodohPositif

Saya datang untuk kenangan indah delapan tahun lalu, untuk keinginan yang belum terwujud, main flying fox di atas Situ Gunung. Hari itu selepas Kelas Inspirasi Sukabumi usai (23 Januari 2014), saya beserta tujuh belas orang lainnya, yang notabene baru dikenal, beranjak pergi dari Pendopo Sukabumi menuju daerah Cisaat. Tempat dimana Situ Gunung berada. Situ Gunung […]

Continue Reading

Kelas Inspirasi Sukabumi: Inspirasi Untuk Negeri

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk sesama. Seuntai kata yang sering saya dengar atau bahkan saya baca di berbagai tempat bahkan kesempatan. Sibuk mengejar impian, kadang memaksa saya untuk menjauh dari hingar bingar kehidupan orang “normal” lainnya. Hingga pada suatu ketika, saya berpikir. “Kok hidup gue monoton ya? kesannya ga guna gitu, sibuk aja mikirin […]

Continue Reading

Pancuran 7: Yang tersisihkan dari indahnya Talaga Bodas

Berlokasi tak jauh dari Talaga Bodas, tanpaknya tempat ini jarang dikunjungi wisatawan, kecuali untuk tujuan tertentu. Saya selalu penasaran ada apa dengan angka “Tujuh”. Sumur tujuh, bunga tujuh rupa, air tujuh sumber mata air, tujuh lapis langit, dan tujuh-tujuh yang lainnya. Angka tujuh yang kadang bertajuk mistis. Menjelang magrib, seusai dari Talaga Bodas saya mampir […]

Continue Reading