Museum Kota Bandung: Mengenal Lebih Dekat Paris Van Java

Baru saja diresmikan per 31 Oktober 2018 oleh Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial, Museum Kota Bandung sudah bisa dikunjungi loh. Bulan lalu, saya mengunjungi tempat yang menyajikan banyak informasi kota yang dijuluki Paris Van Java ini. Ayo kita ubek-ubek isi dalam museumnya.

Menempati Bangunan Cagar Budaya

Wali Kota Bandung dari masa ke masa

Saya menjejakan kaki di sebuah bangunan tua bertuliskan Museum Kota Bandung sesaat setelah turun dari ojek daring. Museum ini berlokasi di Jalan Aceh No.47, Babakan Ciamis, dan menempati sebuah gedung bekas Belanda yang dibangun tahun 1920. Konon, dahulu kala bangunan yang menjadi cagar budaya ini merupakan taman kanak-kanak (frabelshool) milik Loge Sint Jan, kelompok Vrijmetselarij (Fremansonry) Bandung. 

Wali Kota Bandung dari masa ke masa

Meskipun tampak tua dan klasik dari luar, tapi bagian dalam museum ini didesain dengan gaya modern. Sepertinya museum ini menyasar generasi milenial dan Z, karena setiap sudutnya dibuat menarik sebagai latar foto. Kalau anak zaman now bilangnya instagrammabel,instagenic, atau apapun lah yang berkaitan dengan instagram. 🙂

Terdapat Dua Ruang Pameran Kekinian

Menularkan semangat perjuangan, Merdeka!

Tampil dengan gaya kekinian, Museum Kota Bandung dihapakan menjadi wisata edukasi sekaligus informasi mengenai sejarah Kota Bandung. Saat ini, Museum Bandung baru terdiri dari dua ruang pameran. Kedua ruangan tersebut memiliki dua tema berbeda, yaitu sejarah dan perkembangan.

Baca Juga: Jalan-jalan di Bandung, Seru!

Bagian langit-langit yang menarik 🙂

Di Museum ini kita akan menyaksikan visualisasi sejarah berdirinya Kota Bandung serta tokoh-tokoh pentingnya dari tahun 1810. Bagaimana Bandung melintasi zaman dari masa kerajaan hingga menjadi salah satu kota besar di Indonesia seperti sekarang. Selain itu, berbagai peristiwa penting yang menemani tumbuh kembangnya Kota Bandung juga tersaji dengan begitu menarik dan informatif. Sehingga saat membaca menjadi tidak membosankan. Yang menarik lagi dari ruang utama ini adalah bagian langit-langitnya yang tidak kosong. 

Lorong menuju ruang kedua

Di ruang lainnya, terdapat informasi mengenai Kabupaten Bandung dan Masa Pemeritahan Wiranatakusumah serta mengenai sejarah perdagangan di Braga. Di ruangan yang tidak terlalu besar ini, informasi yang disajikan cukup padat. Bagi pecinta sejarah sih bisa tanah berdiri lama-lama di sini.

Baca Juga: Wisata Selfie Kekinian di Bandung

Cerita Bandung awal mula di ruang kedua

Informasi Penting!

Jam Operasional: Selasa-Minggu (Pukul 10.00-17.00 WIB) dan Senin Libur

Tiket: Gratis!

Alamat: Jalan Aceh No.47, Babakan Ciamis, Kota Bandung

Kontak: 08123427797 atau bandungmuseum@gmail.com

Baca Juga: Masih penasaran dengan Bandung!

Bagi saya yang sedang gemar menjajaki museum, Museum Kota Bandung ini menarik untuk dikunjung. Selain itu, kita juga dapat bonus menikmati taman sejarah yang berlokasi di seberang museum ini. Yup, sambil nunggu bandros lewat untuk mengajak berkeliling kota tentunya.

Mari berkelana, bahagia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *