5 tempat wisata yang layak kamu kunjungi ketika berada di Sumatera Barat

pintu-gerbang-istano-basa-pagaruyung-copy

Sumatera Barat yang terkenal dengan Suku Minangkabau, rumah gadang, dan tentunya nasi padang dengan rendang dagingnya ternyata menyimpan banyak tempat asik untuk dikunjungi. Ada banyak tempat yang sebenarnya menarik di Sumatera Barat, lima tempat tersebut diantaranya Pantai Padang, Jembatan Siti Nurbaya, Istano Basa Pagaruyung, Jam Gadang, dan RM. Ganti Nan Lamo.

1. Pantai Padang

Pantai Padang
Pantai Padang

Pantai yang berlokasi di dekat Jembatan Siti Nurbaya, Kota Padang ini pas banget jika di nikmati sore hari. Duduk-duduk di tepi pantai sambil menunggu sunset jadi momen yang asik sebagai penutup hari. Ditambah lagi, di sekitar area pantai banyak penjual seafood yang cocok menjadi sajian makan malam. Hati senang perut kenyang bukan?

 

2. Jembatan Siti Nurbaya

View from Siti Nurbaya Bridge
View from Siti Nurbaya Bridge

Jembatan Siti Nurbaya menjadi tempat yang wajib kalian kunjungi jika sedang berlibur ke Padang. Berkunjunglah ke tempat ini pada malam hari. Pemandangan di sekitar jembatan terlihat indah dengan lampu-lampu yang menyala. Tidak seperti jembatan pada umumnya yang sepi dan gelap, jembatan Siti Nurbaya ini terang benderang. Selain itu, di sepanjang jembatan, banyak yang menjajakan makanan seperti roti, jagung, dan pisang bakar. Cobalah, rasanya enak loh. Tempatnya juga asik buat ngongkrong kok. Sekali-kali jadi anak tongkrongan jembatan seru juga kan?

 

3. Istano Basa Pagaruyung

Istana Basa Pagaruyung
Istano Basa Pagaruyung

Meninggalkan Kota Padang, kita dapat melanjutkan perjalanan ke Kota Batu Sangkar. Ada satu tempat wisata yang terkenal di sana, Istano Basa Pagaruyung namanya. Sebuah istana yang berlokasi di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar.

Istana ini merupakan komplek Kerajaan Pagaruyung. Bangunannya berbentuk seperti rumah gadang, rumah khas Suku Minangkabau. KomplekĀ Istano Basa Pagaruyung yang ada saat ini merupakan replika dari istana yang pernah ada sebelumnya. Istana asli terletak di Bukit Patah terbakar saat kerusuhan berdarah tahun 1804, kemudian didirikan kembali dan terbakar di tahun 1966. Berselang sepuluh tahun, istana ini kembali dibangun yaitu tahun 1976 oleh Gubernur Sumatera Barat saat itu. Bangunan terdiri dari 3 lantai, 72 tonggak serta 11 gonjong. Awal tahun 2007, istana ini tersambar petir yang mengakibatkan kebakaran yang menghanguskan bangunan serta isinya. Jadi replika istana yang ada saat ini adalah hasil pembangunan untuk ketiga kalinya. Jangan lewatkan tempat ini dari destinasi liburan anda ya.

 

4. Jam Gadang

Jam Gadang-Bukit Tinggi
Jam Gadang-Bukittinggi

Jam Gadang atau dalam Bahasa Indonesia berarti Jam Besar merupakan ikon Kota Bukittinggi. Jam Gadang merupakan jam besar yang diletakan di pucuk menara setinggi 26 meter di keempat sisinya. Yang unik dari Jam Gadang selain ukurannya yang besar dan didatangkan langsung dari Rotterdam-Belanda, angka empat romawi yang tertulis bukan IV melainkan IIII. Selain itu, jam yang dibangun tahun 1926 sebagai hadiah dari Ratu Belanda ke Rook Maker dan menghabiskan biaya 3.000 gulden ini memiliki mesin yang sama dengan Big Ben di London, Inggris. Keren kan?

Pada malam hari, kondisi di sekitar jam gadang sangat ramai, apalagi jika malam minggu. Banyak penjual makanan, pernak pernik, serta oleh-oleh menjajakan dagangannya. Selain itu, di sekitar Jam Gadang terdapat beberapa kafe yang pas untuk dijadikan tempat ngongkrong. Sepertinya tidak sah ya, jika berkunjung ke Bukittinggi tapi tidak mampir ke Jam Gadang.

 

5. Rumah Makan Ganti Nan Lamo

Ganti Nan Lamo
Es Durian dan Sate Padang- Ganti Nan Lamo

Sudah jalan-jalan laper dong pastinya, butuh nyemil-nyemil atau makan besar sekalian? Ganti Nan Lamo jawabannya. Tempat ini terkenal dengan es durian yang enak dan tak kenal musim. Tempat yang sudah menyediakan es durian sejak 1960 ini juga menyediakan menu lainnya selain durian, ada beberapa makanan yang wajib dicoba, salah satunya sate padang. Ganti Nan Lamo berlokasi di Jl. Pulau Karam dan cabangnya di JL. HOS Cokroaminoto, Kota Padang.

 

Mari berkelana, bahagia.

13 comments

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai “5 tempat wisata yang layak kamu kunjungi ketika berada di Sumatera Barat.
    Indonesia memang mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 3 =