Hobi fotografi, you must have it!

me-and-my-camera

Aaakkhh, storage internal laptop penuh.

Hemph mesti hapus yang mana ya?

Ini penting, yang ini juga, ini juga, apalagi ini. Ah, ini kan data penelitian, yang ini foto waktu ke Lombok,  ini yang Aceh, ini foto bulan lalu yang dari Palembang. Duh ini kan film-film bagus yang baru disedot dari laptopnya teman. Semuanya penting deh kayaknya.

jembatan-ampera

Kadang, saya selalu bingung untuk menghapus file mana dan aplikasi apa yang tidak begitu saya perlukan hanya agar punya space untuk menyimpan file yang baru. Terutama file-file foto perjalanan saya. Saya yakin semua orang pasti pernah mengalaminya.

Punya hobi jalan-jalan, tentunya akan melahirkan foto-foto perjalanan yang mau tak mau akan menghabiskan space di storage internal leptop kita. Belum lagi kalau bikin video traveling atau vlog biar kekinian. Udah deh habis sudah space penyimpanan data saya.

ritual-pagi

Apalagi kalau teman-teman sudah mulai ngajak hunting foto ini lah, itu lah. Tamat sudah storage internal laptop saya yang hanya 256GB itu. Mau tak mau saya harus menambah storage eksternal dengan membeli hardisk eksternal untuk laptop.

Traveling itu identik dengan foto-foto, jadi pastikan kita punya tempat untuk menyimpan foto-foto tersebut. Agar kelak bisa ditunjukan ke anak cucu kita.

Buat pencinta fotografi, tampaknya hardisk eksternal untuk laptop ini adalah kebutuhan primer. Apalagi kalau kalian ambil foto dengan format RAW. Iya format RAW, format ‘Mentah’, yang memungkinkan kita mengolah element warna pada foto kita dengan lebih detail. Format ini juga diperlukan untuk menampilkan citra sesungguhnya dari objek. Misalkan, warna kulit yang terlalu hitam, padahal aslinya engga, bisa dikoreksi sesuai warna aslinya, ya minimal mendekati kalau pakai format ini.

Format RAW, satu filenya aja bisa puluhan megabyte bahkan lebih. Gila ga tuh. Dan saya sendiri tipikal orang yang kalau memfoto sesuatu, seringnya saya simpan file tersebut dalam dua format sekaligus, yaitu JPEG dan RAW. Alasannya klasik, males ngolah foto, biar foto gampang di upload, ya udah pakai JPEG aja.

Tapi, masih pengen sesekali ngolah kalau foto itu ngena banget ya sudah dobel saja deh simpannya dengan RAW format. Labil banget kan ya? Sehingga jelas saya butuh tambahan hardisk dong demi menyimpan semuanya.

Yah, butuh ke kota dong buat nyarinya. Tapi…

Saya termasuk tipikal orang yang mager juga alias males gerak, apa-apa kalau bisa online di bikin online deh. Malas menghadapi macetnya Darmaga untuk bisa menjangkau Kota Bogor, tempat dimana banyak toko-toko yang menjajakan hardisk eksternal dengan berbagai merek.

Hardisk eksternal untuk laptop

Biasanya saya bakalan cari hardisk eksternal itu secara online. Pertama cari review tentang keunggulan merk tertentu. Lalu membandingkan harga antara satu toko online yang satu dengan yang lainnya. Biasalah cewek kalau ada barang yang sama beda seribu aja dicari. haha Kemudian menentukan pilihan.

Salah satu toko online yang kini hadir dan terpercaya adalah MatahariMall.com. Harganya pun cukup bersaing disegala merek yang ada. Ada banyak pilihan merek, kapasitas, model hardisk, hingga warna. Lucu-lucu deh warnanya, ada magenta sama pink juga, cewek banget yah.

Ada bonus pouchnya, jadi aman

Tinggal klik MatahariMall.com, bayar dan hardisk eksternal pun segera ada digenggaman. Mari menyimpan memori dalam megabyte tanpa risau dengan storage yang terbatas. Ayok kita jalan-jalan lagi, kita foto-foto lagi.

Mari berkelana, Bahagia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 2 =